Skip links

Alunan Musik Gembrung Bergemuruh di Masjid Kuno Kuncen Kota Madiun

M A D I U N – Dalam rangka menyambut hari besar memperingati Maulid Nabi Muhammas SAW Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga adakan Lomba Gembrung Rabu Malam (06/11/2019) bertempat di depan Masjid Kuno Kuncen yang akan serat nilai sejarah.
Seni Gembrung merupakan sebuah kesenin syair’an berbahasa jawa yang sudah ada sejak jaman para wali. Seni musik gembrung ini merupakah sebuah kesenian Khas yang berasal dari Madiun. Diadakannya lomba gembrung ini dengan tujuan mengenalkan serta melestarikan kesenian gembrung ini kepada masyarakat agar nantinya tetap diminati serta dilestarikan oleh anak cucu kelak. Tak hanya itu kegiatan ini juga bertujuan sebagai literasi anatara kaum muda dengan dewasa yang mana nantinya para kaum muda ini yang akan melestarikan kesenian gembrung tersebut.
[masterslider id=”39″]
Dalam gelaran lomba Gembrung kali ini diikuti 11grup yang berasal dari pelajar ataupun majelis taklim yang ada di Kota Madiun. Para peserta membawakan syair ataupun dan puji”an berbahasa jawa yang menceritakan tentang kelahiran Nabi Muhammad SAW ataupun perjuangan Nabi Muhammad SAW zaman dahulu dalam menyebarkan agama islam.
Ratusan masyarakat Kota Madiun yang tinggal disekitar Masjid Kuno Kuncen Hadir ikut menyaksikan serta memberikan semangat kepada peserta Lomba kali ini. Tak hanya memberikan semangat tepuk tangan yang begitu riuh dari masyarakat memberikan semangat tersendiri dari para peserta. Masyarakat terlihat begitu menikmati dan ikut bersyair bersama dengan para peserta
Hal yang dinilai dalam perlombaan kali ini ialah pukulan serta alunan musik gembrung vokal serta penampilan dari para peserta, yang bertindak sebagai juri ialah Samirah, Ahmad Sidiq P, S.Pd, Munawirul Hadi, S.Pd.
This website uses cookies to improve your web experience.