Jl. Udowo No.7 Kota Madiun
(0351) 2812659
budparporakotamadiun@gmail.com

Gali Potensi Bakat Sinden Muda melalui Festival Vokal Sinden

M A D I U N – Dalam rangka program pengembangan serta pelestarian budaya Pemkot Madiun melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga bersama PKK gelar Festival Vokal Sinden di Gedung Kesenian Jl. Ringin Kota Madiun Senin (16/12/2019). Festvial vokal sinden ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ibu yang ke 91 Tahun 2019 yang mengusung tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju.

 

Gelaran Festival Sinden kali ini diikuti oleh Sekitar 40 Siswa/Siswi mulai dari SD/MI, SMP/MTS,SMA/SMK/MA se-Kota Madiun. Hal ini dilaksanakan untuk menggali potensi serta sebagai wujud pelestarian budaya kepada generasi muda masa kini. Sebelum kegiatan ini berlangsung sebelumnya para pesinden muda ini telah mendapatkan bekal pembinaan dan pelatihan selama 1Bulan kurang lebih lamanya. Lalu fetival inilah sebagai wujud hasil perlatihan pembinaan mereka.

Para peserta diberikan waktu sekitar 5-15 menit sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing. Semua peserta yang ikut dalam festival ini berusaha tampil all out dengan kemampuan terbaik mereka mulai dari suara serta penampilan. Yang bertindak sebagai juri perlombaan kali ini ialah : Saudara Aditya Kresna, Sunaryo, serta Wijoseno.

 

Juri membeberkan beberapa kekurangan dari para peserta diantara lain ialah kurangnya percaya diri serta kesiapan dari para pesinden, selain itu ada beberapa peserta juga yang disebutkan “kurangnya persiapan dari para peserta yang ketika pelatihan tidak selalu hadir sehingga hal itu juga yang mempengaruhi penampilan mereka” Ujar Aditya.

 

Aspek yang dinilai dari para peserta antara lain ialah penamilan, suara, cengkok serta pelafalan naskah atau teks yang baik dan benar sesuai dengan makna sesungguhnya. Selain itu para peserta juga dinilai dari segi penghayatan atau kesesuaian ekspresi atau mimik muka dengan apa gending yang mereka bawakan