Jl. Udowo No.7 Kota Madiun
(0351) 2812659
budparporakotamadiun@gmail.com

Festival Dalang Bocah Pupuk Darah Seni Sejak Dini

M A D I U N – Sebagai usaha untuk melestari kebudayaan di Kota Madiun terutama dalam upaya pelestarian wayang kulit kepada anak muda, Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga gelar Festival Dalang Tahun 2019 Selasa (17/12/2019) di Gedung Kesenian Jl Ringin Kota Madiun.

Festival Dalang kali ini diikuti oleh 16 Peserta oleh Anak-anak yang berasal dari sekolah di Kota Madiun yang terbagi menjadi 2 Kategori yaitu Pemula dan Lanjutan. Setiap kategori diikuti oleh 8 Peserta baik pemula ataupun lanjutan, untuk kategori lanjutan merupakan para peserta yang sebelumnya tahun lalu pernah mengikuti festival dalang serta telah mengikuti pembinaan sebelumnya. Sedangkan untuk kategori pemula memang benar-benar seorang pemula yang baru mengikuti tahun ini baik pembinaan maupun pementasan.

Agenda ini merupakan rutin digelar oleh Pemerintah Kota Madiun setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan nantinya para pemenang akan dipilih untuk mewakili kota untuk mengikuti festival dalang tingkat provinsi ataupun nasional, selain itu para peserta ataupun pemenang nantinya juga akan diberikan kesempatan untuk tampil di pentas-pentas yang diadakan Kota Madiun.

Para peserta memberikan penampilan yang atraktif yang membuat para penonton serta juri kagum akan penampilan mereka, sebelum melaksanakan pementasan ini para peserta sebelumnya telah melaksanakan pembinaan baik tingkat pemula ataupun lanjutan yang juga digelar selama 1bulan lamanya dengan para mentor mereka masing-masing.

Yang bertindak sebagai juri pada festival dalang kali ini ialah bapak supriyanto S.Sn, saudara Wijoseno, serta saudara Aditya Krisna. Para juri menyebutkan bahwa “penampilan para peserta sudah bagus-bagus selanjutnya tinggal ditingkatkan kemampuan mereka serta untuk terus selalu melakukan latihan yang lebih sering”.