Jl. Udowo No.7, Kota Madiun
(0351) 2812579
budparporakotamadiun@gmail.com

Disbudparpora Gelar Pentas Seni dan Budaya Kota Madiun di Anjungan Jawa Timur TMII 2019

JAKARTA – Disbudparpora Kota Madiun menyelenggarakan pagelaran seni dan budaya di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (24/03/2019). Dalam pagelaran seni dan budaya tersebut diceritakan tentang “Sentot Ali Basya (Sang Manggala Yuda)” sebagai panglima perang penumpas belanda dan mataram.

              Dalam acara ini dibuka oleh Bapak Walikota Madiun H.Sugeng Rismianto, S.H., M.Hum. Acara ini dihadiri oleh Para Anggota DPR Kota Madiun, Kepala OPD,Camat beserta jajarannya, Kepala Sekolah SD/SMP hadir dalam acara tersebut Bapak Walikota Madiun Terpilih yaitu Bapak Maidi Drs.H.Maidi, S.H., M.M., M.Pd. Selain menampilkan pentas seni dan budaya, juga diselenggarakan pameran produk-produk khas dari kota madiun seperti Makanan (Sambel Pecel,Lempeng dsb), Minuman (Beras Kencur, Es Tape Kambag, Es Rujak Cerobo) serta Pakaian Khas Kota Madiun & Batik Pecelan.

               Tujuan dilaksanakannya kegitan ini ialah sebagai sarana mempromosikan kesenian, kebudayaan dan makanan, minuman khas dari Kota Madiun kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Acara ini juga dimanfaatkan oleh Warga Kota Madiun yang tinggal di Jakarta untuk melepas rasa kangen dan sebagai tempat bersilaturahmi antara warga kota madiun yang tergabung dalam Paguyuban Warga Madiun (PAGUMA). Tak hanya disaksikan oleh masyarakat Kota Madiun yang tinggal di Jakarta, namun pagelaran seni dan budaya ini disaksikan oleh masyarakat yang sedang berwisata di TMII.  Selain menampilkan drama theater dalam pagelaran pentas seni ini menampilkan beberapa Tarian asal Kota Madiun yaitu “Solah Madiunan & Retno Tinanding” dan tidak lupa juga Pencak Silat yang merupakan icon dari Kota Madiun.