Jl. Udowo No.07, Kota Madiun
(0351) 2812659
budparporakotamadiun@gmail.com

Ratusan Pelajar SMA/SMK/MA Se-Kota Madiun Ikuti Seleksi Paskibraka di Kota Madiun

Madiun- Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga telah membuka kegiatan Seleksi Paskibraka Tingkat Kota Madiun Tahun 2019, di Gor Wilis Kota Madiun.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Agus Purwowidagdo, S.Sos., M.M selaku Kepala Disbudparpora Kota Madiun pada Senin tanggal 4 Maret 2019 di GOR Wilis Kota Madiun. Selanjutnya kegiatan ini digelar selama tiga hari yaitu mulai tanggal 4-6 Maret 2019 yaitu proses seleksi sampai Rabu tanggal 6 Maret 2019, yang dilaksanakan di GOR Wilis dan lapangan tenis Kota Madiun.

Kepala Seksi Kepemudaan, Hariana, S.Sos mengungkapkan, peserta seleksi paskibraka itu dari sekolah tingkat SMA/SMK/MA se-Kota Madiun, utamanya kelas X dan XI yang berjumlah 585 anak yang nantinya akan diseleksi dan diambil 81 anak saja.

“Kita menyeleksi dari 585 anak menjadi 81 anak yang lolos seleksi. Tim juri penyeleksi berjumlah enam orang, tiga orang dari TNI dan tiga orang dari POLRI,” ucapnya.

Untuk menjadi Pasukan pengibar bendera (Paskibraka) Kota madiun 2019, ada tiga tahapan seleksi yang harus diikuti peserta yang terdiri dari ratusan siswa SMA/SMK/MA se-Kota Madiun. Pertama, yaitu tes Peraturan Baris-Berbaris (PBB). Dilanjutkan dengan tes Samapta (jasmani militer) dan terakhir tes tulis. “Tetapi yang paling diutamakan yaitu perform PBB nya,” tegasnya. Hariana mengatakan, tujuan dari seleksi paskibraka ini yaitu untuk menyiapkan putra dan putri terbaik yang nantinya akan mewakili sekolah masing masing sebagai Paskibra dalam rangka HUT RI ke-74 yang akan diselenggarakan Kota Madiun. (ilham/suci/disbudparpora)